Selasa, 10 September 2019

Bahan pembuatan lem kertas

Cara Membuat Penghapus

penghapus
Harga penghapus biasanya tidak mahal, namun jika Anda ingin membuat penghapus a la Anda sendiri, Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara. Anda bisa membuat penghapus dengan karet cair atau tanah liat khusus. Jika Anda ingin membuat penghapus yang bisa menghapus noda membandel, seperti tinta, Anda bisa membuatnya dengan mudah berbekal busa melamin dan sedikit benda lain.

Metode 1: Penghapus Karet

  1. Lindungi diri Anda. Meskipun bahan-bahan yang digunakan pada proyek ini tidaklah korosif, Anda sebaiknya tetap melindungi mata Anda dengan menggunakan kacamata pengaman. Anda juga sebaiknya menggunakan celemek agar pakaian Anda tetap bersih.
  2. Campurkan karet cair dan air. Campurkan 30 ml karet cair Pliatex dan 30 ml air dalam wadah kecil non-korosif. Aduk keduanya dengan sendok pengaduk hingga rata.
    • Gunakan wadah plastik atau kaca.
    • Anda bisa menggunakan air dan karet cair yang lebih banyak atau lebih sedikit jika Anda menginginkan penghapus yang lebih kecil atau lebih besar. Selalu gunakan karet cair dan air dalam jumlah yang sama saat mencampur keduanya.
  3. Tuangkan campuran karet ke dalam cuka. Dalam wadah plastik atau kaca lain, tuangkan cuka putih murni. Tuangkan campuran karet cair dan air ke dalam cuka, kemudian aduk hingga rata.
    • Jika Anda ingin memperbanyak atau mengurangi jumlah air dan karet, Anda juga harus mengurangi jumlah cuka yang dipakai. Rasio dari karet cair, air, dan cuka haruslah selalu 1:1:1.
    • Setelah diaduk, campuran akan mulai mengental dan menjadi campuran lunak bertekstur seperti tanah liat
  4. Pertimbangkan juga untuk menambah 5ml pasir. Meskipun bahan ini opsional, penambahan bahan berbentuk butiran halus seperti pasir akan meningkatkan kualitas penghapus Anda.
    • Bahan lain yang mirip pasir, seperti garam meja, juga bisa digunakan.
  5. Bentuklah penghapus. Selama bahan penghapus masih bisa dibentuk, gunakan jadi Anda untuk membentuk bahan tersebut menjadi bentuk yang Anda inginkan.
    • Jika bahan penghapus terlalu lengket, gunakan tepung atau talk saat Anda membentuknya.
    • Anda juga bisa menggunakan cetakan tanah liat atau kesenian lain jika Anda ingin membuat penghapus dengan bentuk yang jelas. Lumuri seluruh cetakan secara merata dengan talk sebelum memasukkan bahan penghapus. Setelah bahan masuk secara sempurna, lepaskan cetakan secara perlahan untuk mengeluarkan penghapus yang telah berbentuk.
  6. Celupkan penghapus pada air. Isilah sepertiga wadah kecil dengan air dan celupkan penghapus yang sudah berbentuk pada air tersebut. Biarkan penghapus berada di dalam air selama beberapa menit.
    • Saat penghapus ditenggelamkan dalam air, Anda akan melihat buih. Gunakan jari Anda untuk memecahkan dan menghilangkan buih tersebut.
    • Penghapus Anda siap dikeluarkan setelah tidak ada lagi buih yang muncul.
  7. Keringkan penghapus. Angkat penghapus dari air dan letakkan di tempat yang kering. Penghapus harus dikeringkan dengan cara diangin-anginkan, dan proses ini bisa memakan waktu beberapa jam.
    • Jangan coba-coba mempercepat proses pengeringan dengan handuk atau pengering rambut.
  8. Gunakan penghapus. Setelah selesai, penghapus Anda siap digunakan.

Metode 2: Penghapus Tanah Liat

  1. Belilah tanah liat khusus penghapus. Anda tidak bisa menggunakan tanah liat biasa untuk proyek ini — Anda harus membeli tanah liat yang dirancang khusus untuk membuat penghapus. Namun demikian, beberapa jenis tanah liat harus dipanaskan dengan oven, sementara beberapa jenis lainnya harus dipanaskan dengan microwave. Anda harus mengetahui bagaimana cara memanaskan tanah liat tersebut sebelum memulai.
    • Tanah liat penghapus Clayzee harus dipanaskan dengan microwave, sementara tanah liat penghapus Sculpey harus dipanaskan dengan oven. Jika Anda menggunakan merk lainnya, periksalah bagian belakang kemasan tanah liat untuk petunjuk pemakaiannya.
    • Tersedia beberapa merk paket pembuatan penghapus tanah liat, termasuk tanah liat dan cetakannya. Jika Anda tidak membeli paket ini, Anda sebaiknya mempertimbangkan utnuk membeli cetakan untuk penghapus. Cetakan tanah liat apa pun bisa dipakai; Anda tidak perlu membeli cetakan khusus penghapus.
  2. Remas tanah liat. Tanah liat biasanya hadir dalam bentuk kotak. Ambil sejumput tanah liat yang ingin Anda gunakan dan putar di tangan Anda hingga tanah liat terasa hangat dan halus. Remas tanah liat dengan menarik dan melipatnya beberapa kali.
    • Proses ini akan membuat tanah liat lebih lunak dan mudah dibentuk.
  3. Campurkan warna sesuai selera. Jika Anda sudah merasa cocok dengan warna tanah liat, lewati langkah ini. Namun demikian, jika Anda ingin mengubah warnanya, lakukan langkah tersebut sekarang.
    • Mencampur warna tanah liat cukup mudah dilakukan. Ambil sejumput tanah liat dengan warna yang berbeda, dan campurkan menjadi bola. Putar dan remas tanah liat hingga warna tercampur rata.
  4. Semprotkan air pada cetakan Anda. Gunakan semprotan air berisi air hangat untuk melembapkan cetakan. Proses ini dilakukan untuk mencegah lengketnya tanah liat.
    • Air bisa digunakan untuk mencegah lengketnya tanah liat jika cetakan Anda terbuat dari plastik. Namun, jika cetakan Anda terbuat dari keramik, Anda sebaiknya menaburkan selapis bedak talk.
  5. Masukkan tanah liat ke cetakan yang sudah disiapkan. Tekan tanah liat yang sudah Anda bentuk hingga tanah liat masuk sempurna dalam cetakan. Jika cetakan Anda memiliki bagian atas dan bawah, tekan bagian atas setelah menekan tanah liat ke bagian bawah.
    • Setelah membuka cetakan dengan dua bagian, Anda akan menyadari bahwa sisa tanah liat akan terkumpul menjadi lapisan tipis di bagian pinggir cetakan. Gunakan kuku atau tusuk gigi untuk menghilangkan sisa tanah liat ini.
  6. Lepaskan tanah liat dari cetakannya. Gunakan jari Anda untuk melonggarkan dan menarik perlahan penghapus dari cetakannya.
  7. Anda juga bisa membentuk tanah liat dengan tangan. Jika Anda tidak memiliki cetakan atau tidak mau menggunakannya, Anda bisa menggunakan jari Anda untuk membentuk tanah liat menjadi bentuk apa pun yang Anda inginkan.
    • Peralatan memahat tanah liat bisa juga dipakai jika diinginkan.
  8. Bakarlah tanah liat. Anda perlu memanaskan penghapus, dan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda harus memanaskannya dengan microwave atau oven.
    • Untuk membakar dengan microwave, tempatkan penghapus di wadah yang aman untuk microwave, kemudian tutup dengan 1,5cm air.
      • Bakar penghapus dengan daya penuh jika Anda menggunakan microwave 600 watt, atau separuh daya jika Anda menggunakan microwave 1100 watt.
      • Buanglah air panas, kemudian isi kembali wadah dengan air dingin berjumlah sama.
      • Bakar kembali penghapus selama 3 menit dengan daya penuh jika Anda menggunakan microwave 600 watt, atau separuh daya jika Anda menggunakan microwave 1100 watt.
      • Angkat wadah dari microwave dan buang airnya, kemudian angin-anginkan penghapus selama beberapa jam.
    • Untuk membakar penghapus di oven, mulailah dengan memanaskan oven Anda hingga 250 derajat Fahrenheit/130 derajat Celsius. Letakkan penghapus di loyang anti lengket, dan pastikan letaknya berjauhan satu sama lain agar penghapus tidak bersentuhan saat dibakar.
      • Bakarlah penghapus selama 10-30 menit, tergantung ketebalannya. Penghapus dengan ketebalan 1,25cm atau lebih tipis hanya perlu dibakar selama 10-15 menit, dan penghapus yang lebih tebal mungkin memerlukan waktu pembakaran 30 menit.
      • Angkat penghapus dari oven dan dinginkan hingga suhu ruang.
  9. Gunakan penghapus. Setelah proses pembakaran, penghapus Anda siap untuk digunakan.

Metode 3: Penghapus Ajaib

  1. Belilah busa melamin. Busa melamin adalah materi unik dengan format “sel terbuka”, sehingga meskipun teksturnya keras dan mirip spons, struktur di dalamnya sangat keras dan hampir sekuat kertas amplas. Karenanya, busa melamin bisa menghapus noda lebih efektif dari spons biasa.
    • Selain itu, busa melamin mengandung udara di bawah permukaannya. Debu dan kotoran akan tersangkut di ruang udara tersebut dan tidak akan terbang saat Anda menghapusnya.
    • Kebanyakan toko perangkat keras tidak menyediakan busa melamin, namun karena materi ini sering dipakai untuk merancang ruang kedap suara, Anda bisa menemukan di toko khusus audio. Anda juga bisa membeli busa melamin secara daring tanpa batasan apa pun.
  2. Potong balok busa menjadi ukuran yang Anda inginkan. Gunakan gunting yang besar dan tajam untuk memotong busa sehingga ukurannya cukup nyaman digenggam. Dimensi tepatnya berbeda-beda sesuai selera, namun umumnya, kotak yang panjangnya 15,25 cm, lebarnya 10,16cm, dan tebalnya 2,54cm sudah cukup.
    • Jika Anda kesulitan memotong busa melamin dengan gunting, cobalah memotongnya dengan pisau tajam.
    • Tidak ada metode yang perlu digunakan saat memotong busa. Potonglah busa dari tempat atau sudut mana saja.
  3. Lembapkan busa dengan air. Gunakan air hangat dari kran atau semprotan untuk melembapkan busa melamin. Busa Anda tidak harus basah, namun daerah yang ingin Anda hapus haruslah lembap.
    • Air berinteraksi dengan struktur sel busa melamin sehingga Anda bisa menggunakan sifat busa tersebut yang mirip kertas amplas. Tanpa air, busa melamin akan terlalu sulit digunakan untuk menghapus noda.
  4. Hapuslah noda membandel. Penghapus ajaib tidak bisa digunakan dengan pensil dan kertas, namun sangat cocok untuk krayon, spidol, dan noda lebam. Saat menghapus, gunakan bagian yang lembap.
    • Melamin aman digunakan pada kebanyakan permukaan, namun sebaiknya Anda menghindari permukaan yang dicat, dipernis, atau mudah tergores.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Harga Atk untuk Bulan ini

Daftar Harga ATK Terbaru Berikut list harga Alat Tulis Kantor lengkap, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi ini. ...