Minggu, 25 Agustus 2019

Jenis jenis cutter

Untuk pekerjaan kantor









Cutter jenis ini dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan kantor dan merupakan jenis yang dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pekerjaan lainnya. Lebar pisau yang dimiliki adalah 9 mm. Tipe cutter ini tergolong sebagai cutter dengan ukuran kecil. Penggunaannya sangat cocok untuk memotong kertas, menipiskan dan menguliti sesuatu, seperti karton. Akan tetapi, cutter ini tidak dapat digunakan pada bahan yang terlalu tebal dan keras. Tentunya jenis cutter ini juga cocok untuk dipakai di sekolah untuk prakarya ataupun kerajinan tangan anak sekolah.


Untuk memotong bahan yang tebal







Karton dan kardus berukuran tebal biasanya sulit dipotong dengan cutter berukuran kecil, karena kekuatan yang dimilikinya tidak cukup. Mari kita gunakan cutter dengan ukuran besar yang memiliki pisau yang lebih lebar, lebih tebal, dan lebih kuat. Lebar pisau cutter dengan ukuran besar biasanya sebesar 18 mm. Cutter ini cocok digunakan untuk memotong papan lapisan kayu yang tipis dan papan gipsum.




Untuk pekerjaan yang detail








Cutter pada umumnya memiliki sudut pemotongan sebesar 60°, tetapi untuk pekerjaan yang sangat detail, maka Anda memerlukan cutter dengan pisau yang sangat tajam dan memiliki sudut pemotongan sebesar 30°. Cutter jenis ini dapat menghasilkan potongan-potongan yang lebih detail sehingga cocok untuk digunakan pada pembuatan model dan desain dari bahan karet.





Untuk pekerjaan seni





Untuk pekerjaan yang lebih halus dan detail, disarankan untuk menggunakan cutter jenis ini. Ujung pisaunya berbentuk seperti pena, dan cara memegangnya seperti memegang pena, sehingga mudah untuk membuat goresan-goresan kecil pada media yang digunakan. Karena ujung pisaunya yang kecil dan tajam, cutter ini sangat ideal untuk melakukan pemotongan yang detail, bahkan yang memiliki banyak lengkungan. Biasanya cutter ini digunakan untuk membuat model, memotong gambar, dan mengukir patung





Untuk memotong kain







Anda mungkin akan menemui kesulitan pada saat memotong bahan kain atau kulit yang tebal dengan menggunakan pisau biasa. Kesulitan ini dapat teratasi dengan menggunakan rotary cutter.

Cutter ini memiliki pisau yang melingkar, sehingga ia memotong media dengan cara memutar pisaunya. Cutter ini dapat memotong bahan lain selain kain, seperti kulit dan kertas. Karena cutter ini bentuknya memutar, maka Anda dapat menjalankannya dengan mudah dan mampu memotong lengkungan secara halus, yang sulit untuk dilakukan dengan cutter biasa.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Harga Atk untuk Bulan ini

Daftar Harga ATK Terbaru Berikut list harga Alat Tulis Kantor lengkap, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi ini. ...