Minggu, 18 Agustus 2019

Sejarah penemuan lem kertas

Lem ialah materi perekat yang sering kita pakai untuk merekatkan suatu benda. Saat ini kita mengenal banyak jenis lem sesuai dengan kegunaannya. Ada lem kertas, lem plastik, lem tembaga, dan lain sebagainya.

Sekitar tahun 1750, hak paten untuk lem atau materi perekat yang pertama dikeluarkan di Inggris. Ketika itu lem dibentuk dari ikan. Lem lalu menjadi materi perbincangan hangat. Banyak orang lalu mengajukan hak paten dan mengklaim telah membuat lem dari aneka macam materi menyerupai karet alam, tulang binatang, tepung kanji, dan protein susu.
Pada zaman kuno, lem mempunyai daya rekat yang tidak begitu kuat. Lem yang berdaya rekat berpengaruh atau yang dinamakan dengan lem super ditemukan oleh Harry Coover. Lem berbahan sintesis yang disebut cyanoacrylate ditemukan tanpa sengaja oleh Coover pada tahun 1951, saat ia bekerja di salah satu Laboratorium Penelitian Kodak milik George Eastman. Lem buatan Coover merupakan materi unik yang belum dikenal sebelumnya. Sekarang lem buatan Coover dipakai dalam dunia industri dan rumah tangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Harga Atk untuk Bulan ini

Daftar Harga ATK Terbaru Berikut list harga Alat Tulis Kantor lengkap, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi ini. ...