Senin, 02 September 2019

Fungsi dan Kegunaan Jangka Sorong

Fungsi atau Kegunaan Jangka Sorong

Fungsi Jangka Sorong

Setelah kita mengetahui pengertian, sejarah, cara membaca, dan bagian-bagian jangka sorong, terakhir akan dibahas mengenai fungsi atau kegunaan alat ukur ini. Berikut adalah beberapa fungsi atau kegunaan yang dimiliki jangka sorong.

1. Berfungsi untuk Mengukur Panjang

Benda yang ukurannya tidak terlampau panjang bisa di ukur menggunakan alat ini, sebab kebanyakan jangka sorong memiliki batas pengukuran maksimal 25 cm. Meskipun hal ini juga bergantung pada spesifikasi pabrik yang membuat dan menjualnya.

2. Berfungsi untuk Mengukur Diameter Dalam

Pada pabrik-pabrik industri kecil kadang diperlukan alat untuk mengetahui ukuran diameter sebuah benda seperti lubang besi, pipa atau alat-alat yang lainnya. Untuk melakukan hal ini dapat digunakan jangka sorong yang bisa berguna untuk mengukur diameter dalam suatu benda.

3. Berfungsi untuk Mengukur Diameter Luar

Mungkin terkadang kita juga memerlukan untuk melakukan pengukuran terhadap diameter luar suatu benda. Misalnya seorang tukang las yang ingin membuat jendela. Ia akan membutuhkan jangka sorong untuk mengukur diameter besi yang akan digunakan.

4. Berfungsi untuk Mengukur Kedalaman atau Ketinggian

Ada kalanya kita perlu untuk melakukan pengukuran kedalaman pada sebuah lubang kecil yang tidak bisa dimasuki oleh alat ukur penggaris. Ketika hal itu terjadi Anda bisa menggunakan jangka sorong untuk melakukan pengukuran kedalam atau ketinggian pada sebuah lubang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Harga Atk untuk Bulan ini

Daftar Harga ATK Terbaru Berikut list harga Alat Tulis Kantor lengkap, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi ini. ...