Selasa, 10 September 2019

sejarah lakban

Lakban awalnya diciptakan oleh divisi Permacel Johnson & Johnson selama Perang Dunia II untuk militer. Militer secara khusus membutuhkan pita tahan air yang dapat digunakan untuk menjaga kelembaban dari kasus amunisi. Inilah mengapa selotip Duct yang asli hanya datang dalam warna hijau tentara.
Seperti mengapa awalnya disebut "Bebek" rekaman oleh para prajurit tidak sepenuhnya diketahui. Hal ini umumnya berpikir bahwa karena itu hijau dan menumpahkan air, seperti bebek, para prajurit mengambil untuk menyebut rekaman "Bebek" tape. Sebuah teori alternatif adalah bahwa mereka menyebutnya demikian karena itu menyerupai strip kapas bebek. Yang mana yang benar atau apakah itu kombinasi keduanya, tidak diketahui, tetapi dalam kasus apa pun mereka menyebut rekaman baru ini "Bebek".
Prajurit mulai menyadari bahwa itu bukan hanya bagus untuk memasang selongsong peluru amunisi, tetapi juga berfungsi dengan baik untuk memperbaiki barang-barang. Mereka mulai menggunakannya untuk memperbaiki jip, senjata, dan pesawat. Karena sifatnya yang tahan air, kekuatan, dan melekat pada perekat, mereka bahkan mulai menggunakannya sebagai sarana sementara untuk menutup luka dalam keadaan darurat; ini cocok karena pendahulu lakban terdekat juga merupakan produk Johnson & Johnson yang digunakan sebagai rekaman medis.

Jadi bagaimana "Bebek" tape akhirnya dikenal sebagai "Duct" tape dan dijual terutama perak dalam warna bukannya hijau tentara? Ketika tentara Perang Dunia II pulang, mereka membawa kaset "Bebek" bersama mereka. Tak lama setelah mereka kembali, pasar perumahan sedang booming. Beberapa manufaktur kemudian mendapat ide cemerlang untuk mulai menjualnya sebagai sarana untuk menghubungkan saluran pemanas dan penyejuk udara; ide ini tertangkap di antara produsen rumah dan mereka mulai menggunakannya di banyak rumah baru yang sedang dibangun. Untuk memungkinkan penggunaan ini, pita warna primer dialihkan dari hijau ke perak, sehingga akan cocok dengan saluran. Segera rekaman itu mulai disebut sebagai "Duct" tape bukan "Duck" tape.
Ironisnya, para peneliti di Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley, Divisi Energi Lingkungan menyimpulkan bahwa Anda tidak boleh menggunakan selotip untuk menutup saluran. Tes mereka menunjukkan bahwa di bawah kondisi saluran khas, selotip menjadi rapuh dan akan gagal dengan cepat. Lakban juga bisa terbakar atau hanya membara dan menghasilkan asap beracun. Karena ini, penggunaannya pada saluran telah dilarang oleh negara bagian California serta dalam kode bangunan di sebagian besar AS.
Kata-Kata Bijak: “Seseorang hanya membutuhkan dua alat dalam kehidupan: WD-40 untuk membuat semuanya berjalan, dan membuat selotip untuk membuat mereka berhenti.” –G. Weilacher

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Harga Atk untuk Bulan ini

Daftar Harga ATK Terbaru Berikut list harga Alat Tulis Kantor lengkap, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi ini. ...