Jumat, 06 September 2019

Mengenal Kain Kanvas Lukis

Mengenal Kain Kanvas Lukis


contoh gambar kanvas

Bahankain.com - Salah satu media yang paling umum digunakan untuk melukis adalah kanvas. Lalu apa itu kanvas lukis dan apa bedanya dengan kanvas pada umumnya?
Kanvas lukis adalah kanvas atau blacu yang sudah di lapisi pada permukaannya yang bertujuan untuk menutup pori-pori kain. Bahan yang biasa digunakan untuk melapisi kanvas adalah campuran antara lem dan cat berwarna putih.
Penggunaan kanvas lukis sering digunakan untuk melukis dengan media cat minyak karena butuh ketebalan dalam pewarnaan dan kadang butuh metode palet yang membutuhkan terknik kontruksi pada bidang lukisnya. Palet pada umumnya sudah memiliki frame yang berbentuk persegi dan ada pula yang masih berbentuk gulungan tanpa frame.
Lalu apa saja spesifikasi kain yang bisa digunakan unuk pembuatan kanvas lukis?
Dari beberapa pelukis yang kerap mengambil kain di bahankain.com mereka tidak ada spesifikasi khusus untuk digunakan sebagai media lukis, mulai kain yang tipis sampai tebal bisa digunakan. Rata-rata syarat utama mereka adalah berbahan 100% katun dan anyaman jenis marsoto.


Cara Sederhana Membuat Kanvas Lukis

Membuat kanvas lukis sebenarnya tidak terlalu sulit, berikut ini langkah-langkah mudah untuk membuat kanvas lukis.

  1. Bentangkan kain kanvas atau blacu pada spatram kemudian steples atau dipaku sampai benar-benar kencang.
  2. Siapkan bahan-bahan untuk melapisi lapisan kain, untuk cara sederhana bisa menggunakan lem putih dan kalsium atau semen mil
  3. Larutkan lem putih dan kalsium atau semen mil dengan air panas sampai larut dan encer. Jika larutan terlalu ketal akan membuat lapisan kanvas mudah retak.
  4. Oleskan dengan kuas larutan lem putih dengan kalsium pada kanvas sebanyak 3 tahap pengeringan artinya ketika melabur kain tersebut sudah kering lalu laburi kembali kainnya sampai 3 kali laburan. Setelah kering kain kanvas siap utk di lukis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Harga Atk untuk Bulan ini

Daftar Harga ATK Terbaru Berikut list harga Alat Tulis Kantor lengkap, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi ini. ...